Cari Apa Aja Di Sini

Google

Jumat, 11 November 2011

Playlist 90-an

Beberapa minggu lalu gw dan beberapa temen gw bikin internet radio buat komunitas tempat kita ngumpul. Awalnya temen gw yang inisiatif sampe nyewa server segala. Gw pun kaget soalnya tiba-tiba udah jadi aja tuh radio. Pake modal nekat gw install programnya dan langsung On Air.

Lagi pilih-pilih lagu dan gw baru sadar. Playlist gw lawas-lawas semua. *Ups ketauan umur gw*. Hasilnya gw jadi siaran dengan playlist 90-an. Temen gw yang nyewa server nggak kenal sama lagu-lagu gw. Maklumlah, umur kita beda 10 tahunan. Untungnya ada pendengar gw yg umurnya nggak jauh beda sama gw. Alhasil nostalgia lah dia jaman SMAnya. Gara-gara gw setel lagu-lagu lawas, temen gw yang beda umurnya jauh itu nggak ngerti sama lagu gw. Tapi bodo amat lah. Hail 90's!! Hahahaha.

Dan malam ini giliran temen satu angkatan gw si PiGee siaran. Tebak lagu apa yang dia setel? Lagu lawas Indonesia bung!! Jadilah malam ini kita nostalgia. Untungnya malem itu waktunya angkatan gw online. Makin sumringah lah mereka. Hahaha.

Di sini masih ada yang inget Bunglon, Protonema, Singiku, Java Jive, TBK? Ya itulah yang dia setel malem ini. Gokil! Lagu dari jaman gw SD sampe SMP disetel. *sekali lagi gw menegaskan umur gw*. This show bring back old memories. PiGee cuma bilang dengan enteng, "eh anak muda jaman sekarang. Dengerin nih masterpiece 90-an".

Lagu-lagu tadi bisa bikin gw sedih. Bukan sedih karena gw inget kenangan jaman dulu.
Tapi gw sedih klo bandingin sama lagu jaman sekarang.

Coba deh liat band Indonesia jaman sekarang. Isinya klo nggak Melayu, pop yang makin didenger makin bikin pengen bunuh diri, dan trend paling baru adalah boy band lipsync. Memang nggak semuanya sih yang kaya gitu, tapi secara umum kan begitu. Entah karena lagu yang muncul adalah lagu kaya yang gw sebut tadi atau karena hal lain, acara musik pun makin minim dan sekalinya ada acara musik yang tampil adalah (sorry) banci sebagai MC dan para "penari kucek jemur" sebagi penonton. Klo dibandingin sama jaman dulu, jeda iklan antara dua program TV disisipin sama video klip. Label udah nggak kuat kali ya masukin video klip band labelnya ke jeda iklan di TV. Video klip yang masuk di jeda iklan paling jualan RBT dengan lagu "Wrong Address"nya Ayu Ting Ting atau apalah itu.

Gw bukannya mau jelek-jelekin, berasa jago, sok nyekil, ato berasa tinggi seleranya. Tapi gw cuma kecewa aja. Dulu anak bangsa ini bisa menciptakan lagu yang sampai saat ini bisa dinikmati dan jelas nggak kalah sama band jaman sekarang. Bahkan lagu Stinky yang sekarang selalu jadi bahan lawakan di Opera Van Java pun nggak dianggap alay sama temen gw yang umurnya beda 10 taun dari gw tadi setelah denger aslinya.
Bingung aja gw kok jaman dulu dengan teknologi dan pertukaran informasi yang minim tapi orang Indonesia bisa bikin lagu bagus dan nggak gitu-gitu aja. Setelah internet ada, download lagu gampang, yang nyangkut ke Indonesia adalah budaya boy band Korea. Gw nggak mempermasalahkan mereka mau buat boy band. Yang jadi masalah adalah kenapa sampe gayanya diikutin persis plek mulai dari pakaian, gaya dance, sampe video clip nya. Udah gitu tiap live lipsync pula. Sorry ya, tapi klo memang ngepas jangan paksain diri dong. Gw sadar gw ga bisa nyanyi, jadi ya gw cukup jadi bahan ketawaan klo karaoke sama temen gw.

Klo buat band-band dengan aliran METAL (Melayu Total), ada sih beberapa yang menurut gw lumayan. Armada bisa bikin nada yang cukup nggak biasa, salah gaya nyanyi aja dia. Tapi yang lain banyak juga yang nggak bagus dan berhasil ngetop. Liriknya pun kadang cetek banget. Cukup denger sekali dan lu pasti bisa nyanyiin lagi dengan lancar lengkap dengan melody nya. Yang paling bikin gw kaget adalah kenapa Charlie harus pake kostum wayang dan nelpon pake HP di video clip nya? Yang nggak percaya bisa cek di youtube tuh video clip "Aku Padamu". Woy klo mau ngelawak jangan bikin band serius. Buatlah kaya Padhyangan Project, Project Pop, ato kuburan sekalian. Klo mau bercanda, contohlah Naif yang selalu bercanda pas manggung. Mereka bercanda sesuai dengan lagunya. Ini lagu Aku Padamu tapi pake berantem pake kostum wayang dan telpon pake HP.

Sekali lagi gw bukan mau menjelek-jelekan. Gw cuma mau bicara fakta dan ini murni opini gw. Harap ditanggapi dengan positif ya. Gw cuma prihatin aja. Ke mana musisi kita yang bisa bikin lagu yang catchy tapi nggak murahan? Yuk mari kita renungkan bersama. Yah memang Dahulu (The Groove) semua indah. Mungkin band-band melayu dan boyband itu cuma mencari Kebebasan (Singiku). Ataukah Kiranya (Protonema) mereka hanya latah saja? Atau mungkin band-band lawas itu hanya sebuah Cerita Lalu (Bunglon). Bukannya Aku Takut (TBK) nggak bisa menikmati musik seperti itu. Tapi memang Kau Yang Terindah (Java Jive) di belantika musik Indonesia. Eaaaa itu lagu lawas semuaaaa...

2 komentar:

mustika mengatakan...

salam kenal mas...kunjungan persaudaraan pertama..ayu mustika

daun sirsak obat kanker mengatakan...

info yang bermanfaat mas