Cari Apa Aja Di Sini

Google

Kamis, 04 Oktober 2007

Jerman Bikin Mules

Semester ini gw ikut les bahasa Jerman.... Entah kesambet setan apa gw kok bisa ikut les gituan.... Belom lagi gw ikutan Cisco Networking Academy (CNA) di UII... Semester gw sibuk sama kegiatan diluar kampus.... Tapi gak papa lah... Dari pada bengong mulu di rumah malah bikin dosa, mending ikutan gituan dah...

Sekarang gw mo ceritain les bahasa Jerman gw.... Gw les bahasa Jerman di Pusat Studi Jerman (Pusman) di blakang Masjid Kampus.... Entah kenapa gw pasti melakukan hal-hal yang memalukan dari semenjak pertemuan pertama....

Gini cerita kejadian pertama... Gw dateng telat, trus si bapak pengajartersenyum manis ke gw & nyuruh gw duduk.. Abis gw duduk, dia nanyain nama gw.... Gw jawab aja dengan lantang, "Aspar Pak"... Dia langsung sibuk nyari-nyari nama gw di daftar absensi.... Tapi ternyata nama gw gak ada.. Muka gw langsung bengong goblog gitu & tiba2 gw refleks ngomong "masa gak ada sih pak? Perasaan saya udah mbayar lunas... Masa gak dicatet?".... Pelan sih ngomongnya, tapi kayanya satu ruangan denger & langsung pada nyengir2 gak jelas.... Yaah, kesan pertama memalukan..... Selanjutnya, tambah bikin malu lagi....

Trus pas pertemuan kedua yang ngajar beda.... Ternyata yang kemaren itu cuma jelasin tentang kultur Jerman tuh kaya gimana... Klo yang sekarang, dia yang bener-bener ngerti sastra Jerman.... Dateng telat (kayanya selalu telat deh), masuk kelas degan muka nyengir PeDe.... Pelajaran pertama adalah kenalan.... Bahasa Jerman ribet banget dah... Banyak huruf-huruf aneh (ß, ö, ü, ä).... Mana ngomongnya bibir harus dimonyong-monyongin lagi... Harusnya sih gw jago, soalnya kan gw dah dapet bibir yang pas buat nyebutin tuh huruf-huruf umlaut (huruf yg ada titik dua biji di atasnya)...

Pelajaran pertama adalah kenalan, nanya tempat tinggal, sama dari mana asal loe.... Kedodolan gw dimulai dari gw selalu salah nyebutin di mana sama dari mana dalam bahasa Jerman.... Ketuker-tuker melulu antara Woher (dari mana) sama Wo (di mana).... Waktu yang laen dah pada apal, tinggal gw doank yang gak apal-apal.... Bis itu dibikin game biar gw bisa apal kali ya.... Pertama kertas di bentuk jadi bola, trus asal aja dilempar ke salah satu anak di situ, trus mulai dah si bapak pengajar nanya-nanya ke si anak yang "beruntung" itu... Pertanyaan abis, tuh kertas dilempar lagi ke anak yang laen.... Gitu terus, sampe gw akhirnya kebagian.... Gw jawab sekenanya.... Pertanayaan pertama lolos, pertanyaan kedua lolos, pertanyaan ketiga "lolos" kertas langsung gw lempar aja ngasal & ngenain muka temen gw & sempet bikin kericuhan kecil.. Jadi kejadianya tuh gini, jawaban gw yang terakhir tuh salah, si bapak pengajar njelasin tapi gw gak denger (gw mikirnya yang penting lolos aj dah), trus tmen gw yg kena timpuk itu lagi enak2 dengerin jadi kaget gara2 gw timpuk.... Kena malunya dah gw.. Tobaaat,, tobaaat....

Nah, yang terakhir ini yang paling seru... Yang ngajar bener2 orang Jerman cuy... Gw dateng telat seperti biasa... Eh tuh jerman yang ternyata faseh bener bahasa Indonesianya agak2 nyindir gw ma tmen gw gitu... Ya sudah lah,, namanya juga budaya Indonesia... Susah ilangnya.... Pelajaran dilanjutkan.... Beuh, dia kayanya seru banget ngomongnya.... Udah berasa pulang kampung trus ngobrol-ngobrol ama ponakan-ponakannya aja tuh orang... Gw gak ngerti maleeeh!!!! Pelan-pelan ngomongnya.... Tiba-tiba dia bilang, "itu yang pake baju krem, coba jawab ini (trus dia kumur-kumur pake bahasa Jerman).... dalem hati gw ngomong, "Mampus loe yang pake baju krem.... Untung baju gw krem?!". Mampus... Gw yang disuruh jawab... Mana gw gak merhatiin lagi... Nyengir bego, garuk-garuk pala, mo gantung diri....

Pertanyaan akhirnya kejawab juga gara-gara bantuan teman-teman.... Thanks sob, gak tau deh gimana klo gak ada loe semua... Pelajaran beralih ke listening... Kaset di pasang, tombol play dipejet, mulai keluar suara orang kumur-kumur.... Tapi kenapa muka tuh native asem? Taunya dia masukin kaset yang salah... Hehehehe... Mampus lu... Bikin gw ningung sih... Dibolak-balik dah tuh kaset, di rewind, trus di fast forward lagi... Mabok-mabok dah lu... saking keselnya, dia ampe misuh-misuh pake bahasa Jerman & ngomong sh*t.... Hehehehehe.... Kocak ngeliatinya... Ada 15 menit dia bolak-balik tuh kaset.... Masih sok gaya lagi pake acara bilang klo dia biasa make CD.... Udah salah masih begaya aja loe... Dasar bule... Gw jadi curiga, jangan-jangan tuh bule di Jerman sono kerjaannya cuma jadi tukang sayur doang lagi... Ditipu mentah-mentah gw.... Bayar bule mahal-mahal cuma buat bayar tukang sayur yang gak ngerti tata bahasa sama sekali....

Setelah 15 menit berlalu, dapet juga akhirnya bagian yang mau dipelajari.... Dan seperti biasa, gw gak ngerti.... Selese listening, kelas bubaran.... Selamet dah gw dari tuh Jerman gila.....

Tidak ada komentar: