Cari Apa Aja Di Sini

Google

Sabtu, 12 September 2009

Flock Web Browser di Linux (Ubuntu)

Baru-baru ini gw nyoba web browser yang namanya Flock.. Katanya sih browser ini gaul banget.. Browser ini ngasih menu khusus buat social networking (FB, MySpace, Twitter).. Buat ngeblog juga dikasih editornya langsung.. Mo upload foto di FB, Photobucket, Picasa, ato TinyPic bisa langsung drag & drop ke menunya.. Jadi ga usah buka webnya, tunggu loading, login, tunggu loading lagi, pilih-pilih foto, posting, ganti status FB, dll, tunggu loading.. Klo pake Flock ini lebih praktis.. Tinggal buka menunya (mo FB, Blog, email, ato media sharing), trus lo bebas ngapain aja dari menu itu..

Tapi ada yang bikin gw bingung waktu gw install pertama kali di Linux Mint gw.. Gw bingung masukin plugin nya.. Waktu awal-awal gw ga bisa nonton YouTube gara-gara gw ga bisa masukin flash plugin ke browser itu..

Install-nya sih gampang.. Pertama tinggal buka situsnya Flock lewat Linux.. Dari situ tinggal klik download.. Ntar lo bakal dapet tarball nya.. Sambil nunggu download kelar, cek synaptic.. libstdc++6 udah di install belom? Klo belom, tinggal dicentang aja (Mark for Installation), trus click apply.. Cek download-an.. Extract hasilnya di home folder.. Trus buka text editor kepercayaan lo (buat yg pake gnome bisa pake gedit).. Masukin script di bawah ini trus save dengan nama file "Flock.desktop" (ga pake kutip)..

[Desktop Entry] Version=2.5 Encoding=UTF-8 Name=Flock Comment=Flock Web Browser Exec="home/yourusername/flock/flock-browser" GenericName=Flock Web Browser Icon=/home/yourusername/flock/icons/mozicon128.png Path=/home/yourusername/flock StartupNotify=true Terminal=false TerminalOptions= Type=Application X-KDE-SubstituteUID=false X-KDE-Username= Categories=Network;Application; GenericName[en_US]=Flock Web Browser

Taro aja di desktop.. Trus klo mau jalanin Flock tinggal click file yang tadi lo bikin.. eh iya jangan lupa ganti yourusername pake user name lo ya..

Install kelar, trus plugin nya gimana nih?

Masalah plugin ini sempet bikin gw pusing.. Gw dah coba download dari adobe, hasilnya gagal.. Coba install ulang dari synaptic, gagal juga.. Tapi setelah berjuang dengan google, ketemu juga gimana cara ngakalinnya...

Flock itu browser yang Powered by Mozilla.. Flock 2.0 pake teknologi yang sama kaya Firefox 3.. Otomatis plugin yang dipake di Firefox bisa dipake di Flock..

Caranya gampang kok.. Matiin dulu FlockPertama buka terminal, trus ketik aja ini

sudo ln -s /usr/lib/mozilla/plugins/* /home/yourusername/flock/plugins
Udah deh YouTube bisa langsung dinikmati

Perintah "ln -s" fungsinya kaya semacam ngasih link.. Jadi buat yg mo ngakses folder "/home/yourusername/flock/plugins" langsung dibawa ke "/usr/lib/mozilla/plugins/*".. Dengan kata lain isinya sama.. Jadi pakenya browser Flock, tapi plugin dari FireFox..

n.b.
Ni gw post nyoba pake blog editornya Flock lho..

Blogged with the Flock Browser

2 komentar:

ridu mengatakan...

wah nice.. gue sih udah lama gak pake flock hihi.. (yg di windows)

oh iya bisa gak flock ditambahin plurk gitu.. kan cuma ada twitter my space blablabal gitu kan..

Angling-PiGee mengatakan...

Wew,,

Manteb bnr ni new entrynya,,

mantab dah profesor,,hehe