Cari Apa Aja Di Sini

Google

Senin, 20 Desember 2010

Ada Tiket, Tapi Nggak Ada Bangku. Tanya Kenapa?

Yak kembali lagi bersama DJoniE dengan topik yang nggak jauh beda dari post sebelumnya yaitu tentang dunia persepakbolaan Indonesia. Kali ini gw mau cerita pengalaman pribadi dibalik pertandingan Indonesia vs Filipina yang kedua tanggal 19 Desember 2010.

Sebelum pertandingan ini dimulai, muncul masalah di dunia pertiketan. Mungkin akar permasalahan ini muncul karena nggak ada pembatasan pembelian tiket. Buktinya temen gw berhasil beli 12 tiket langsung tanpa dibatasi. Nggak adanya pembatasan pembelian tiket itu akhirnya membuka jalan yang lebar buat praktek percaloan. Orang yang bener-bener niat mau membela timnas malah nggak dapet tiket. Akhirnya mereka harus beli tiket dari calo yang naikin harga tiket seenak udelnya. Harusnya dikasih pembatasan pembelian tiket biar tiket yang terjual bisa dinikmati lebih merata diantara suporter. Jadinya semua penonton sama-sama bisa merasakan perjuangan mendapatkan tiket & nggak menyia-nyiakan tiket yang udah susah-susah mereka beli. Akhirnya tiket cepet habis tapi habisnya di beberapa orang aja karena mereka mampu beli borongan. Panitia (PSSI) pasti seneng karena tiket cepet abis. Tapi itu adil nggak sih? Akhirnya banyaklah suporter yang marah.

Tiba-tiba pada suatu hari, muncul kupon yang tujuannya buat menenangkan suporter yang udah ngantri tapi ternyata loket tutup. Ternyata eh ternyata kupon itu cuma jadi syarat buat ngantri tiket hari Minggu 19 Desember 2010 sebelum pertandingan dimulai. Ujung-ujungnya dulu-duluan ngantri lagi hari Minggu.

Trus kupon itu cuma tipuan dong? Ya silahkan diartian sendiri :)

Hari Minggu 19 Desember 2010 tiba. Gw udah bangun pagi-pagi nggak sabar pingin nonton partai penentuan apakah Indonesia bisa maju ke final ato malah buntung di semifinal. Dari pagi gw udah nyusun rencana bareng temen gw buat menuju TKP. Gw berangkat dari rumah jam 14.00 WIB menuju Blok M buat ketemuan. Dari Blok M naik mobil temen gw itu sampe ke GBK. Sampai di Bunderan Senayan, lalulintas udah nggak jelas. Malah temen gw sempet ngelindes kaki polisi sampe dia marah-marah. Untungnya nggak sampe kena tilang ato kena gampar. Lanjut merengsek ke arah GBK, ternyata mall FX ditutup. Padahal kita rencana mau nmpang parkir di situ. Lanjut ke Hotel Century. Satpam bukain pintu & kita dah seneng bakalan dapet parkir. Ternyata di sana penuh juga & kita kena charge parkir Rp. 2.000,-.

Bilang dong Pak klo dah penuh

Tersendat parah, kita menuju Plaza Senayan. Dengan perjuangan dan kesabaran ekstra kita dapet juga parkir di situ secara kebetulan. Nggak sengaja salah belok, malah dapet parkir. Abis ketemuan sama temen-temen yang lain di dalem Mal, berangkatlah kita menuju Stadion.

Selama perjalanan menuju stadion kita ketemu ribuan suporter Indonesia. Terharu juga sama euforia masyarakat sama timnas Indonesia. Mudah-mudahan bukan cuma pas prestasinya lagi bagus kaya sekarang aja ya. Pas prestasinya lagi turun juga tetep didukung dong. Jalan terus sambil celingak-celinguk nyariin rekan yang masih belum ketemu & gak bisa dihubungi. Sampai di Pintu V, kita duduk-duduk sebentar sambil keliling-keliling nyari temen yang masih belum diketahui rimbanya itu. Sorak-sorak dari dalam stadion bener-bener bikin semangat naik. Karena nggak sabar & nggak mau ketinggalan lagu "Indonesia Raya" kita masuk ke dalam.

Pintu V cuma dibuka sedikit dan kita harus desak-desakan karena antrian nggak jelas bentuknya. Tiket tanpa diperiksa langsung disobek. Kayanya cuma diliat tiket baru ato udah bekas disobek aja. Masuk ke dalam menuju bangku penonton, tapi kok penuh. Akhirnya coba ke pintu sebelahnya. Lha kok penuh juga? Yang sebelah-sebelahnya juga penuh. Apa-apaan nih?! Tiba-tiba yang di dalem stadion udah nyanyi Indonesia Raya aja. Aaaarrgggghh!!!

Mungkin buat yang belum pernah masuk ke Stadion Utama GBK kurang bisa ngebayangin ya. Jadi di Stadion itu ada pagar. Di pagar itu ada banyak pintu. Kebetulan tiket gw bisa dipakai buat masuk Pintu V dan VI. Di balik pagar itu ada pintu-pintu lagi buat masuk ke daerah bangku penonton. Nah pada kejadian gw hari ini, penonton udah berdesakan di pintu kecil itu. Orang yang baru datang jadinya nggak bisa masuk kedalam. Dan waktu kita coba intip-intip ke dalam, ternyata semua bangku udah keisi padahal masih banyak yang berdiri di dalam dan luar pintu. Gw sempet ngeliat anak-anak dan beberapa orang digendong biar bisa naik ke bangku penonton. Malah ada 2 pintu yang udah ditutup sama petugas keamanan karena sektor itu bener-bener nggak bisa dimasuki lagi.

Kecurigaan kita mulai timbul. Ada yang mikir klo banyak orang dari kelas lain masuk ke kelas kita biar dapet view yang lebih enak. Alasannya sih gara-gara tiket kita cuma asal disobek tanpa diliat nomor Pintu ato kategorinya. Tapi klo itu bener, harusnya ada sektor yang lowong. Ada juga yang mikir klo ada satu Pintu yang bobol jadi banyak orang nggak bertiket yang masuk. Yang menurut kita paling logis sih, "PSSI menjual tiket melebihi kapasitas stadion".

Sambil kita keliling-keliling, ada suporter diluar pintu yang mencoba mendobrak masuk ke dalam. Wah, percuma Pak. Gak ada tempat lagi. Akhirnya kita mutusin buat nonton Big Screen yang ada di luar stadion. Waktu mau keluar, arus penonton yang masuk kedalam masih kuat. Kita kerepotan mau keluar sampe-sampe petugas keamanan bikinin jalur khusus buat penonton yang kecewa & marah pingin keluar stadion. Gw jadi ngerasa kasian sama penonton yang nggak kebagian tempat gini. Tenaga & biaya udah dikeluarin, tapi apa hasilnya? Anak-anak cuma bisa tertunduk lesu. Ibu ato bapaknya mencoba menghibur anaknya itu. Yang beringas tetep sikut kiri-kanan biar dapet view nonton yang enak. Petugas keamanan juga kena damprat orang yang kecewa. Kasian nggak tuh?

Setelah gw sampe rumah, gw iseng cari-cari berita tentang kejadian ini. Ternyata gw nemuin artikel yang menarik di sini. Nah lhoo.. Jangan-jangan orang-orang yang berjubel di dalem itu pake tiket itu lagi. Jadi ceritanya orang yang terlanjur ngantri di GBK hari Sabtu kemarin dikasih tiket Indonesia vs Thailand sebagai tanda bahwa mereka berhak ikut ngantri tiket hari Minggu ini. Dan menurut sumber detik.com, tiket itu kaya tiket baru yang belum disobek. Jangan-jangan mereka memanfaatkan tiket itu. Wah kacau nih.

Yah, semoga ada orang PSSI yang baca tulisan gw ini dan bisa jadi perbaikan buat mereka. Masa manajemen kaya gini mau jadi tuan rumah Piala Dunia? MIMPIIIII!!!!!

2 komentar:

Angling-PiGee mengatakan...

"Itulaaah Indoonesia...."

no comments aja ah

DJoniE mengatakan...

Yak, apakah Final leg ke-2 tanggal 29 Desember nanti akan berlangsung meriah? Kita tunggu episode selanjutnya :D