Cari Apa Aja Di Sini

Google

Minggu, 06 April 2008

fitna

Beberapa minggu yang lalu, ada kejadian yang mengguncangkan dunia pada umumnya dan umat islam pada khususnya.. Kejadian itu adalah diluncurkannya film fitna di metacafe Oleh Geert Wilders... Katanya, film itu adalah film yang mempropaganda agama islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan...

Imbas dari film ini, banyak kelompok muslim yang bikin demo turun ke jalan... Kedubes belanda dilemparin telor, pada bawa spanduk yang tulisannya "Kill Geert", dll... Ada juga yang ngajak buat memboikot produk asal Belanda.... Ada lagi yang menuntut pemerintah Indonesia buat ngusir turis-turis Belanda yang ada di Indonesia..

Ini yang gw liat di Indonesia.. Kata temen gw yang kuliah di Belanda, di sana juga rame... Tapi sayangnya dia gak ngikutin beritanya, jadi gak banyak yang bisa gw ceritain... Dia gak ngikutin bukan karena dia sebodo amat sama agamanya sendiri... Tapi dia mencoba buat nggak terprovokasi...

Pemikiran yang bagus... Klo diliat lagi, film itu berusaha nunjukin klo Islam itu agama yang penuh dan mendukung kekerasan dalam ajaran agamanya... Klo kita terprovokasi yang berlanjut dengan bikin demo atu statement kaya yang gw sebutin di atas, bukankah itu malah mempertegas klo islam itu agama yang penuh kekerasan? Dengan kata lain, kita mencoba menangkis anggapan bahwa Islam itu bukan agama yang penuh kekerasan dengan kegiatan yang keras dan kasar... Ironis bukan?

Temen gw ngasih link ini... Disitu ditulis hal yang mirip ky apa yg gw pikir... Klo menurut dia,

Isi film itu cuma hal yang salah menurut Islam. Banyak hal yang salah. Mulai dari terjemahan Al Quran yang salah. Pemasangan foto orang yang salah.

Ada kata-kata yang paling menarik perhatian gw di situ....

Kalau sekarang dengan keadaan film yang acakadut kayak gitu aja kita umat Islam udah keliatan "gag ada otaknya", bagaimana kalo nanti ada tantangan yang lebih hebat di masa depan? Yang pastinya lebih membutuhkan intuisi kita, daripada sekedar pamer otot dan sorban berpedang.

Umat Islam wajar kalo merasa tersinggung, namun, perasaan tersinggung itu tidak bisa dijadikan alasan untuk bertindak agresif dan anarkis.

Nggak salah apa yang dia tulis di situ... Wajar klo umat Islam emosi... Tapi apakah kita harus melampiaskan emosi itu? Klo menurut gw, janganlah membalas film fitna dengan menuntut biar si Geert itu dibunuh ato gimana... Harusnya kita tunjukin klo Islam itu nggak kaya gitu... Bikin aja video lagi yang menunjukkan tafsir ayat Al-Qur'an yg bener itu kaya gimana... Masa kita terprovokasi sama orang yang nggak bisa baca Al-Qur'an...

Harusnya kita ajarin dia gimana baca Al-Qur'an yg bener... Dulu, waktu kecil, kita belajar ngaji... Klo kita salah baca, apa ya kita langsung di jitak sama Pak Ustadz? Sukur masih d jitak, lah ini si Geert malah di suruh dieksekusi....

Trus gw mo ngasih tanggepan buat orang-orang yang nyuruh ngusir orang Belanda yang ada di Indonesia... Man, sekarang yang salah siapa sih? Semua orang Belanda ato cuma si Geert? Sekarang gini, dalam satu kelompok ada satu orang yang bikin salah, apa kita harus ngehukum satu kelompok itu? Trus sapa bilang klo pemerintah Belanda nggak ada tanggepan dalam masalah ini? Mereka udah berbuat sesuatu, tapi menurut hukum yang berlaku di Belanda, nggak ada pelanggaran yang dibikin sama si Geert.. Jadi ya jangan salahin orang Belanda.... Udah deh, klo hukum manusia nggak bisa menghukum dia karena kesalahannya, pasti ada hukum yang lebih tinggi yang bakal ngehukum dia...

Tapi kembali lagi, post ini bukan mo manas-manasin ato gimana... Ini cuma pandangan gw terhadap tanggapan orang-orang yang gw anggap sedikit berlebihan dalam menyikapi film itu....

2 komentar:

Suci Utami mengatakan...

gw setuju bgt Par.. tadi pas nonton film singkat itu, gw langsung berpikiran.. harus ada film tandingan nih.. buat konfirmasii.. Islam is not about violence.. tapi saling menyayangi dan mengarahkan orang" pada kebenaran.. jadi, tolong deeeh.. para muslim diluar sana, yang sangat mengerti Islam dan pintar mengedit film pendek.. buatlah film tandingan FITNA yang mencerminkan keindahan Islam..

DJoniE mengatakan...

Setuju Such.... Jangan sekedar panas & emosi aja.. Kita buktiin kebenarannya...