Cari Apa Aja Di Sini

Google

Kamis, 11 September 2008

Birokrasi.. Makin Lama kok Makin Njlimet Ya?

Hoey,, Kembali lagi bersama Aspar Anggoro a.k.a DJoniE DJaya Slalu... Akhirnya gw sembuh juga dari sakit gw kemaren.. Gw emang butuh yang namanya istirahat... OK sekarang gw kembali dengan tenaga ekstra... Lanjut ke blog...

Gw mo cerita masalah urusan birokrasi di kampus gw yang bener-bener berpotensi membatalkan puasa... Demi mendapatkan selembar surat cinta pengantar buat Kerja Praktek aja muter-muternya kesana-kemari... Susah-susah amat sih? Klo dipikir gampang sih, cuma minta ngeprint surat di kertas yang ada kop universitas, trus minta restu tanda tangan Sekertaris Jurusan, trus gw kirim deh ke perusahaan yang gw pilih.. Simple bukan? Tapi ternyata nggak segampang itu...

Pada suatu pagi yang indah di ujung semester kemaren, gw dateng ke loket pengajaran jurusan gw.. Gw tanya prosedur pembuatan surat permohonan Kerja Praktek (sebut saja KP)... Gw disambut sama bapak-bapak berkumis yang baik hati (sebut saja BBBH, Bapak Berkumis Baik Hati)... Dia dengan sabar jelasin tata cara pembuatan surat permohonan KP itu... Udah ngerasa jelas, gw mulai dari tahap satu.. Pertama-tama kita isi formulir dulu... Formulir udah gw isi lengkap (menurut gw)... Gw kasih balik ke Pengajaran.. Ternyata masih ada yang kurang... Kurang NIP sekertaris jurusan (sebut saja Sekjur) gw... Yaelah si bapak, barang kurang NIP aja jadi masalah.. Untungnya gw berurusan sama BBBH, jadi gak dipersulit & langsung dikasih NIPnya Bapak Sekjur.. Kata BBBH gw harus nunggu sampe surat gw ini ditandatangan sama Bapak Sekjur dan diambil di TU... OK deh gw tunggu...

Besoknya, dengan muka sumringah, gw dateng ke TU buat ambil surat permohonan KP... Ternyata ada masalah... Jumlah SKS gw belom cukup buat KP.. Lha?! Kok bisa gak cukup? Gw protes sama bapak-bapak yang ada di TU... Katanya gw klo mo protes di pengajaran, bukan di TU... Hah?! Capek deh.. Gw balik lagi ke pengajaran... Di sana gw dapet jawaban yang sama..

DJoniE: Pak kok di surat saya ditulis SKS saya belum cukup ya?
BBBH: Iya, di catatan kami, SKS saudara belum cukup.
DJoniE: Lah, kan klo ditambah sama SKS semester ini nilai saya sudah cukup pak?
BBBH: Tapi semester ini saudara belum ujian kan? Jadi masih dianggap belum mengambil.
DJoniE: Tapi hari Senin besok kan sudah mulai ujian pak?
BBBH: Ya sudah, saudara kembali hari Senin saja. Ini sudah aturannya. Saya nggak bisa ngomong apa-apa lagi. Sabar aja deh. Nih, saya kembalikan formnya, jadi gak usah nulis lagi.

Yaelah, gw cuma kurang SKS satu mata kuliah doank.. Udah gitu cuma kecepetan beberapa hari doank.. Adooohh.. Akhirnya Senen itu abis ujian gw langsung balik lagi buat ngasih form (yang sama)... Tapi masih untung sih sama BBBH, ngomongnya nggak nylekit.. Dia cuma nggak berani ngelawan aturan aja.. Tapi tetep aja gondok.. Cape deh...

Nah, karena satu dan lain hal, gw akhirnya ganti perusahaan buat KP... Akhirnya gw bikin surat permohonan KP baru kmaren... Yang sekarang gw kira jadi agak lebih lancar, soalnya gw udah tau sela-selanya... Tapi ternyata masih ada ganjelannya juga... Surat permohonan KP yang baru gak bisa keluar sebelom gw ngurus penarikan surat permohonan KP yang lama.. Padahal temen gw udah telpon orang perusahaan yang lama buat ngabarin klo kita gak jadi KP di sana... Orang yang ditelpon temen gw itu fine-fine aja, kok malah orang jurusan yang sewot ya? puasa pak, jangan bikin orang susah, dosa lho...

Surat pernyataan pengunduran diri udah dibikin, sekarang tinggal nunggu surat permohonan yang baru.. Pas tuh surat keluar (akhirnya), nama perusahaan yang baru salah.. Nah lho.. Gw protes lagi ke Pengajaran.. Tapi BBBH gak ada, yang ada Bapak Berkacamata Jahat Hati (sebut saja BBJH).. BBJH itu nada ngomongnya terkenal nggak enak banget... Gw dateng buat protes, malah galakan dia.. Gw jadi bingung siapa yang salah..

DJoniE: Pak kok di surat saya, nama perusahaanya salah ya?
BBJH: (Dengan muka jutek) Anda nulisnya waktu itu nama perusahaanya apa?
DJoniE: Bukan perusaan yang ini Pak, tapi yang ini (sambil ngasih catetan nama & alamat perusahaan yang gw maksud)
BBJH: (dengan muka yang tambah jutek) Saudara yakin?
DJoniE: (waduh siapa yg salah nih?) Iya Pak yakin
BBJH: (ngecek di komputer bentar, trus mukanya berubah jadi tengsin) Ooo, iya salah. Nanti saudara kembali lagi ya.
DJoniE: (dengan muka penuh kemenangan) Kalau bisa dipercepat ya Pak. Keburu KP nih.
BBJH: (masih dengan muka tengil) Ya tergantung Pak Kajur, bla, bla, bla...
DJoniE: Ya pokoke cepet Pak

Untungnya ultimatum gw itu masuk dihatinya BBJH.. Sorenya gw balik lagi, surat udah jadi... Sekarang tinggal dikirim deh... Huh, capek juga... Mudah-mudahan perjuangan diawal ini berbuah di akhir KP gw... Amiiiin.. Mohon doa restunya teman-teman... :D

n.b.

Gw pasang widget baru di samping... Widget yang judulnya "Chat Yuuk..." gw tambahin fitur buat chat dari digsby.. Jadi para pengunjung bisa langsung chat ma gw lewat situ... Pesan yang kamu terima, langsung dari YM aku.....

5 komentar:

wennyaulia mengatakan...

trus jadinya kapan KP, par?
koh holy enak betul KP cua sebulan...

elys welt mengatakan...

baru tahu kalau di kampus juga ada birokrasi yg njelimet gitu

Benazio R.P mengatakan...

waduh bahasanya berat banget nih ga kuat gue haha

DJoniE mengatakan...

@wenny
Ini udah di Jakarta... Udah siap KP..

@elys welt
Hooh.. Kadang suka ngerepotin

@bena
Berat dimananya? Belajar lagi ya, abis itu baru baca lagi :D

Panda mengatakan...

birocrazy complex